Monday, January 3, 2011

Waspada! Sumut Rawan Banjir Ekstrim

When most people think of mobil keluarga ideal terbaik indonesia, what comes to mind is usually basic information that's not particularly interesting or beneficial. But there's a lot more to mobil keluarga ideal terbaik indonesia than just the basics.
Medan, (tvOne)

Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan Wilayah I Medan memprakirakan, wilayah pantai timur Sumatera Utara berpotensi mengalami banjir ekstrim akibat tingginya curah hujan. "Masyarakat Sumut perlu mewaspadai banjir ekstrim," kata Kabid Pelayanan Data dan Informasi Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BBMKG) Wilayah I Medan Hendra Suwarta di Medan, Senin (3/1).

Secara umum, kata Hendra, hampir seluruh wilayah di Sumut berpotensi mengalami curah hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Khusus di wilayah pegunungan atau dataran tinggi, curah hujan tersbeut diperkirakan cukup lebat dan akan mengalir ke daerah-daerah yang berada di bawahnya.

You may not consider everything you just read to be crucial information about mobil keluarga ideal terbaik indonesia. But don't be surprised if you find yourself recalling and using this very information in the next few days.

Karena itu, pihaknya memprakirakan hampir seluruh Daerah Aliran Sungai di Sumut, seperti DAS Dambus, DAS Padang, DAS Ular dan DAS Dumai akan penuh dan mengandung potensi menimbulkan banjir ekstrim. Daerah-daerah yang berpotensi mengalami banjir ekstrim itu adalah Medan, Deli Serdang, Asahan, Langkat, Binjai, Serdang Bedagai, Batubara dan Labuhan Batu. "Semuanya berpotensi mengalami banjir ekstrim," katanya.

Sementara itu, kata Hendra, curah hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di Sumut itu berpeluang terjadi pada malam hingga pagi hari. Hal itu disebabkan wilayah Sumut sedang mendapatkan tiupan angin timur yang berpotensi muncul pada menjalang malam hingga pagi hari.

Selain itu, BBMKG Wilayah I Medan juga memperkirakan masih kuatnya potensi awan konvektif sehingga angin kencang dan puting beliung juga masih berpeluang terjadi. Kekencangan angin tersebut diprakirakan mencapai 15 hingga 20 knot atau sekitar 27 hingga 36 Km per jam. "Peluangnya terjadi di lereng dan wilayah pantai timur," katanya.

Kondisi angin itu juga menyebabkan ombak air laut di Sumut cukup bergelombang dengan ketinggian tiga meter di Samudera Hindia, serta 2,5 meter di laut Nias dan Mentawai. "Namun kalau cuacanya buruk, ketinggiannya bisa mencapai lima meter," katanya. (Ant)

Don't limit yourself by refusing to learn the details about mobil keluarga ideal terbaik indonesia. The more you know, the easier it will be to focus on what's important.

No comments:

Post a Comment