Sunday, November 21, 2010

Kemenhut Bangun Delapan Ribu Kebun Bibit Rakyat

The following article presents the very latest information on mobil keluarga ideal terbaik indonesia. If you have a particular interest in mobil keluarga ideal terbaik indonesia, then this informative article is required reading.
Banjarmasin, (tvOne).

Sebanyak 8.000 kebun bibit rakyat yang dibangun diharapkan mampu menghasilkan 400 juta batang pohon untuk memenuhi kebutuhan gerakan penanaman satu miliar pohon pada 2010.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan usai acara penanaman pohon dalam rangka melaksanakan target program menanam satu miliar pohon, saat ditemui di Banjarbaru, Minggu, (21/11).

Menurut Zulkifli Hasan, program pembangunan kebun bibit rakyat (KBR) tersebut dilaksanakan di 422 kabupaten dan kota.Khusus Kalsel kata dia, pada 2011 telah dialokasikan sebanyak 225 unit dengan dana Rp11,25 miliar. Diharapkan dari jumlah tersebut akan mampu menghasilkan sekitar 11,25 juta batang pohon.

Secara nasional, kata dia, program KBR akan kembali ditingkatkan jumlahnya menjadi 10 ribu unit untuk memproduksi 500 juta batang yang diselenggarakan pada 424 kabupaten dan kota.

"Khusus Kalsel jumlahnya juga akan dinaikkan menjadi 350 unit dengan dana Rp17,5 miliar dengan harapan bisa menghasilkan 17,5 juta batang pohon," katanya.

Selain itu, tambah dia, pada 2011 juga akan dibangun 23 unit persemaian permanen atau modern pada 22 provinsi termasuk Kalsel satu unit, dengan harapan bisa menghasilkan produksi bibit berkualitas 35 juta batang per tahun.

If you find yourself confused by what you've read to this point, don't despair. Everything should be crystal clear by the time you finish.

Mendukung program pemerintah berbasis propertumbuhan, prolapangan kerja, propemberantasan kemiskinan dan prolingkungan, kata dia, mulai 2010 hingga 2014 Kementerian Kehutanan juga mengembangkan program pemberdayaan masyarakat dalam kawasan maupun sekitar hutan.

Dalam program tersebut, kata dia, akan dikembangkan hutan kemasyarakatan dua juta hektare untuk 500 ribu hektare untuk hutan desa dan 900 ribu hektare untuk kawasan hutan lindung dan hutan produksi.

Selain itu, tambah dia, di luar kawasan hutan dikembangkan hutan rakyat kemitraan antara kelompok tani dengan industri perkayuan seluas 250 ribu hektare.

"Dengan program tersebut, petani yang sebelum tidak memiliki lahan akan bisa menggarap lahan bekerj asama dengan pemerintah yaitu dengan menanam pohon perkebunan dan lainnya," katanya.

Sedangkan keberhasilan gerakan penanaman pohon yang dimulai pada 2007 dengan target 79 juta terealisasi 101 juta batang atau 113 persen, 2008 target 100 juta pohon serta gerakan perempuan tanam dan pemeliharan pohon dengan target lima juta batang terealisasi 114 juta batang.

Pada 2009, target penanaman pohon satu orang satu atau 230 juta batang terealisasi 251 juta batang.

Dalam acara yang juga dihadiri Guberur Gubernur Kalsel Rudy Ariffin dan Wakil Gubernur Rudy Resnawan dan sejumlah bupati dan wali kota tersebut, Menhut juga menyerahkan bibit pohon secara simbolis kepada beberapa kelompok masyarakat dan instansi yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

Masing-masing kelompok juga mendapatkan bantuan dana untuk pemeliharaan sebesar Rp50 juta. (Ant)

Now you can understand why there's a growing interest in mobil keluarga ideal terbaik indonesia. When people start looking for more information about mobil keluarga ideal terbaik indonesia, you'll be in a position to meet their needs.

No comments:

Post a Comment