Tuesday, December 7, 2010

Banjir Bojonegoro, Petani Merugi Ratusan Juta

If you're seriously interested in knowing about mobil keluarga ideal terbaik indonesia, you need to think beyond the basics. This informative article takes a closer look at things you need to know about mobil keluarga ideal terbaik indonesia.
Bojonegoro, (tvOne)

Kerugian akibat banjir yang merendam ratusan hektare sawah di sejumlahdesa di Kecamatan Dander, Kapas dan Kota, Bojonegoro, Jatim,diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

"Banjir yang terjadi akibat hujan deras yang terjadi beberapa hariterakhir ini menyebabkan tanaman padi rusak. Kalau padi yang baru tanamatau yang sudah berbuah terendam air selama tiga hari jelas mati," kataKetua Kontak Tani Nelayan dan Andalan (KTNA) Bojonegoro, Sarif Usman,Selasa (7/12).

Dia menyebutkan, biaya produksi tanaman padi yang baru tanam, mulaitenaga kerja, bibit, pupuk dan lainnya berkisar Rp1,5 juta/hektare,sedangkan tanaman padi yang sudah berusia satu bulan ke atas biayaproduksinya mencapai Rp5 juta/hektare.

Truthfully, the only difference between you and mobil keluarga ideal terbaik indonesia experts is time. If you'll invest a little more time in reading, you'll be that much nearer to expert status when it comes to mobil keluarga ideal terbaik indonesia.

Berdasarkan data pada Dinas Pertanian Bojonegoro, areal tanaman padiyang diterjang banjir bandang dari wilayah selatan di Desa Sumbertlaseh,Mojoranu dan Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, tercatat sekitar 200hektare.

Sementara ratusan hektare tanaman padi lainnya ada di Desa Sambiroto,Ngampel, Kalianyar, Kecamatan Kapas, juga Desa Sukorejo, Campurejo,Kecamatan Kota, baik yang baru tanam dan sudah berbuah, juga terendambanjir.

Air dari wilayah selatan tersebut, tidak bisa turun secara grafitasi,karena ketinggian air Bengawan Solo masih tinggi."Total kerugianakibat banjir itu bisa mencapai ratusan juta rupiah," jelasnya.

Seorang petani di DesaSambiroto, Kecamatan Kapas, Kadar (54), mengaku,dengan puluhan petani lainnya yang masih sedesa, terpaksa memanen paksatanaman padinya, begitubanjir datang.

Normalnya, lanjutnya, tanaman padi tersebut dipanen sepekan atau duapekan lagi. "tapi, kalau tidak dipanen sekarang jelas mati membusuk,sebab semuanya terendam banjir," kata Kadar yang ditemui sedang menjemurgabahnya di lapangan depan rumahnya.

Menurut dia, karena dipanen paksa harga gabah anjlok, karenahanyamencapai Rp2.800,00/kg, sedangkan harga gabah di wilayah setempat bisamencapai Rp3.200,00/kg."Itu pun produksinya turun 50 persen," jelasnya. (Ant)

Don't limit yourself by refusing to learn the details about mobil keluarga ideal terbaik indonesia. The more you know, the easier it will be to focus on what's important.

No comments:

Post a Comment